Event Image

PRAKTEK PROFESI NERS DI RUMAH SAKIT

Setelah menyelesaikan seluruh matakuliah di prodi, maka mahasiswa Ners, akan memasuki masa  praktek klinik, dalam masa praktek klinik banyak berbagai tugas yang harus dikerjakan antara lain tugas individu dan tugas kelompok, untuk tugas individu yaitu berupa laporan LP dan LK, LP dalam prakatek keperawatan mahasiswa ners itu merupakan singkatan dari “Laporan Pendahuluan”. LP berisi topik tertentu (berkaitan dengan bidang keperawatan/kesehatan) yang sudah ditentukan oleh pembimbing klinik sebelumnya. Jg sesuai dengan ruangan tempat praktek. Topik biasanya seputar penyakit atau gangguan yang sering dialami pasien. Mahasiswa ners wajib mencatat tinjauan teori dari penyakit atau gangguan yang dimaksud, minimal mencakup definisi, penyebab, proses terjadi penyakit atau gangguan, tanda dan gejala, cara mendiagnosis, penanganan, komplikasi, dan paling penting bagaimana melakukan asuhan keperawatan sebagai tugas utama perawat. Sekali lagi, LP ini sifatnya wajib,  LP itu akan didiskusikan saat pre-conferencepre-conference  itu diartikan diskusi awal. Dilaksanakan pada awal atau hari pertama praktik. Kegiatan pre conference dengan Dosen pembimbing praktik dilakukan secara tatap muka untuk mendiskusikan bersama mahasiswa tentang topik LP masing-masing.

C:\Users\User\Downloads\WhatsApp Image 2024-06-04 at 13.38.40.jpeg
Sebagai contoh, pre conference bersama praktik di Instalasi Gawat Darurat (IGD). Dosen pembimbing bersama seluruh mahasiswa dan dosen pembimbing klinik mengadakan pre-conference di ruang diskusi mahasiswa. Mahasiswa dan pembimbing klinik duduk melingkupi meja. Pre conference dibuka oleh Dosen pembimbing, kemudian mahasiswa diberi kesempatan menyampaikan atau menceritakan topik LP masing-masing. Topiknya seputaran masalah atau penyakit yang sering dialami oleh pasien. Konferensi dapat berjalan lancer apabila setiap mahasiswa mampu menjelaskan LP masing-masing dengan lancer dan mampu memahaminy. Dosen pembimbing dan pembimbing klinik sesekali minta klarifikasi, memvalidasi jika mendengar informasi yang kurang jelas atau mungkin keliru. Dalam pre conference diselingi humor-humor ringan sehingga mahasiswa Ners bisa mengikutinya dengan gembira. Suasana hati yang gembira memungkinkan untuk menyerap informasi baru dengan baik. Setelah LP sdh selesai di pre conferenkan selanjutny membuat LK, LK adalah laporan kasus. Setelah konferensi awal dianggap baik dan mumpuni oleh pembimbing, mahasiswa dibolehkan melakukan asuhan keperawatan pada pasien dan keluarganya. Proses asuhan tersebut didokumentasi menjadi sebuah laporan yang disebut laporan kasus. LK ini juga hampir sama dengan LP, akan didiskusikan saat post-conference atau konferensi akhir saat menjelang masa praktik berakhir. Selain tugas individu mahasiwa Ners juga diwajibkan untuk mengerjakan tugas kelompok berupa seminar kasus, untuk seminar kasus dilaksanakan pada minggu akhir praktek tiap Stase, pada kegiatan seminar ini mahasiswa Ners menyepakati kasus yang akan di seminarkan bersama dengan pembimbing klinik dan akademik, setelah itu mahasiswa Ners membagi tugas untuk masing-masing kelompok dalam mengerjakan, untuk seminar kasus ini dihadiri oleh kepala ruangan, pembimbing klinik tiap ruangan, mahasiswa yang praktek dari istitusi lain, dan dari profesi kesehatan lain, dalam kegiatan seminar mahasiswa menjelaskan permaslahan dari pasien secara rinci meliputi aspek biospikososiospritual yang akan dibahas dalam kegiatan seminar tsb. Sehingga mahasiswa ners akan bisa lebih memahami secara mendalam dalam memberikan intervensi secara komrehensif kepada pasien melalui segala masukan yang diberikan oleh pembimbing.
Program Profesi/Ners Universitas Gresik  di RSUD Ibnu Sina Gresik meliputi Praktik Klinik di Bidang Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Anak, Keperawatan Gawat Darurat.