Event Image

PRAKTEK KEPERAWATAN STASE JIWA PROGRAM STUDI PROFESI NERS UNIVERSITAS GRESIK

Pada hari jumat (15/03/2024) sekelompoh mahasiswa Program Studi Ners angkatan A14 Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Gresik sedang menempuh salah satu stase dalam Program Profesi yakni stase jiwa. Sekumpulan mahasiswa ini melaksanakan beberapa kegiatan yaitu penyuluhan kepada keluarga pasien ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) mengenai defisit keperawatan diri, senam sehat pagi, aktivitas bermain kelompok serta melakukan kegiatan hiburan bernyanyi bersama pada pasien. Kegiatan ini dilaksanakan di Rumah Sakit Jiwa Menur. 

Hal yang pertama dilakukan adalah kegiatan senam sehat pagi, yang dilaksanakan pukul 08.00 pagi. Para pasien tampak semangat mengikuti kegiatan yang dilaksanakan selama 30 menit ini. Setelah kegiatan senam, pasien mengikuti sarapan bersama dan diikuti dengan minum obat pagi. Kemudian kegiatan penyuluhan dilaksanakan bersamaan. Terdapat 2 kelompok, kelompok 1 melakukan penyuluhan pada keluarga pasien ODGJ tentang perawatan diri, kemudian kelompok 2 melakukan penyuluhan pada pasien tentang kepatuhan minum obat. Kegiatan ini berlangsung selama 45 menit. Tidak hanya mahasiswa profesi ners yang terlibat dalam kegiatan ini, perawat yang bertugas dan pembimbing lapangan juga tampak mengikuti kegiatan in. Berbagai kegiatan ini tidak hanya didominasi oleh mahasiswa saja, namun pasien yang sudah koperatif juga dapat mengungkapkan manfaat serta memberikan timbal balik pada kegiatan ini. Pada penyuluhan tentang kepatuhan minum obat misalnya, salah satu pasien dapat mencontohkan dan memberikan peraga bagaimana meminum obat yang benar serta waktu minumnya. Hal ini penting dilakukan mengingat pasien masih sangat bergantung pada obat medis pada salah satu pengobatannya.

Kegiatan yang dilakukan pada stase jiwa ini berlangsung selama satu bulan. Mahasiswa selain mendapatkan tugas untuk merawat 1 pasien 1 mahasiswa, juga diharuskan melakukan seminar kasus pada akhir stase. Mahasiswa dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing kelompok harus melakukan mempresentasikan kasus yang sudah dianalisa selama 4 minggu dihadapan pembimbing institusi dan pembimbing lahan. Mahasiswa diharapkan dapat menerapkan ilmu yang sudah didaptkan selama praktik profesi pada tempat kerja kelak.