Event Image

Tingkatkan Kemampuan Pertolongan Pertama Korban Kecelakaan, Tim Dosen UNIGRES Berikan Pelatihan pada Driver Ojek Online


Tim Dosen Program Studi Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Gresik pada hari Senin (9/10) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat kepada Komunitas Ojek Online Gresik (Lintas Online Gresik) dengan memberikan pelatihan pertolongan pertama pada korban kecelakaan meliputi pemberian bantuan hidup dasar, cara transportasi korban dan cara menghentikan perdarahan.

Kegiatan yang dipimpin oleh Istiroha, S.Kep.,Ns.,M.Kep ini merupakan Program Kemitraan Masyarakat yang mendapatkan dana hibah pengabdian kepada masyarakat dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tahun pendanaan 2023.

“Berlatar belakang tingginya kejadian angka kecelakaan di wilayah Kabupaten Gresik, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar masyarakat awam termasuk driver ojol (ojek online) memahami bagaimana cara memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan yaitu dalam memberikan bantuan hidup dasar (life safing) dan transportasi korban ke area yang lebih aman”, jelas Istiroha.



Rangkaian kegiatan ini diawali dengan memberikan kuisioner kepada peserta (ojol) tentang pengetahuan pertolongan pertama, kemudian pemberian materi yang dilanjutkan dengan praktek tindakan pertolongan pertama pada boneka peraga. Selain itu, di akhir kegiatan peserta diminta untuk mempraktekkan tindakan pertolongan pertama yang telah dicontohkan seperti melakukan pemindahan korban, melakukan tindakan resusitas jantung paru (RJP) dan menghentikan perdarahan.

Lebih lanjut Istiroha menjelaskan bahwa selain pada tukang ojek online, kegiatan serupa telah dilaksanakan pada tukang ojek offline yaitu pada Paguyuban Tukang Ojek Betoyo dan Paguyuban Tukang Ojek Terminal Bunder.

“Mitra kegiatan pengabdian masyarakat kami adalah Paguyuban Tukang Ojek di Wilayah Kabupaten Gresik yaitu kami ambil pada daerah di mana angka kejadian kelakaan lalu lintas tinggi sehingga tujuan program pengabdian masyrakat kami sesuai sasaran” lajut Istiroha.

Istiroha juga menjelaskan bahwa tim pelaksana program ini terdiri dari dosen dari lintas depertemen keperawatan yaitu Ahmad Hasan Basri, S.Kep.,Ns.,M.Kep dari departemen Keperawatan Gawat Darurat dan Khoiroh Umah, S.Kep.,Ns.,M.Kep dari Departemen Keperawatan Komunitas, selain itu kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa sebagai fasilitator sebagai penerapan kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

Lintas Online Gresik merupakan komunitas ojek online di area Gresik Kota dan Giri yang anggotanya terdiri dari driver ojek laki-laki dan perempuan. Komunitas ini sudah terorganisir dengan baik dengan Bapak Mu’in sebagai koordinatornya.

“Respon dari anggota komunitas kami sangat bagus karena setiap hari kami beraktivitas di jalan raya sehingga ilmu yang diberikan sangat bermanfaat, dan kami berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutkan pada waktu yang akan datang”, jelas Mu’in (https://titian.id/tingkatkan-kemampuan-pertolongan-pertama-korban-kecelakaan-tim-dosen-unigres-berikan-pelatihan-pada-driver-ojek-online/)